Home Destinasi wisata alam tangkahan keindahan surga yang tersembunyi di gunung Leuser tempat penangkaranya para gajah liar Destinasi wisata alam tangkahan, keindahan surga yang tersembunyi di gunung Leuser tempat penangkaranya para gajah liar

Destinasi wisata alam tangkahan, keindahan surga yang tersembunyi di gunung Leuser tempat penangkaranya para gajah liar

Sobat infoindo_apakah kalian tahu destinasi wisata alam tangkahan, keindahan surga yang tersembunyi di gunung Leuser tempat penangkaran para gajah liar?


Destinasi wisata alam tangkahan, keindahan surga yang tersembunyi di gunung Leuser tempat penangkaran para gajah liar ataupun konservasi Tangkahan dengan julukan The Hidden Paradise. Selain dari ke elokan dan pemandangan yang udara begitu segar, Tangkahan terkenal juga sebagai rumah gajah liar yang berhias sungai jernih tanpa sedikit pun terdapat kotoran.Tangkahan merupakan tempat ekowisata yang berada di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Dan berada di antara dua desa, yaitu Desa Namo Sialang dan  desa Sei Serdang,tangkahan termasuk juga dalam Taman Nasional Gunung Leuser.


Destinasi wisata alam tangkahan,Keindahan surga yang tersembunyi di gunung Leuser tempat penangkaran para gajah liar ini memiliki pesona alam yang membuat banyak orang menyebutnya sebagai surga tersembunyi di Sumatera Utara. Tangkahan ini terletak pada zona pemanfaatan Taman Nasional Gunung Leuser yang luas area 3.837,77 HA zona pemanfaatan Tangkahan ini secara pengelolaan Taman Nasional masuk ke dalam dua wilayah resor, dengan wilayah resor tangkahan dan Resor Cinta Raja, Seksi Pengelolaan Taman Nasional "SPTN" Wilayah VI Besitang, Bidang Pengelolaan Taman Nasional "BPTN" Wilayah III Stabat. Sedang kan Bentang alam kawasan Tangkahan merupakan perpaduan hutan alami "kawasan TNGL" dan untuk sekitarnya terdiri dari perkebunan kelapa sawit, perkebunan karet, perkebunan jeruk, perdesaan, sungai, bukit, tebing, gua-gua alam dan lembah.


Kawasan Tangkahan ini terletak di antara pertemuan dua sungai yang terdiri dari Sungai Buluh dan Sungai Batang Serangan yang mengalir ke hilir dan pertemuan di antara Sungai Musam. Untuk aliran Sungai Batang Serangan ini mengalir membelah Sungai Tanjung Pura sebelum sampai ke Pantai Timur Sumatera. Dari semua keindahan yang berada di kawasan tangkahan ini terdapat juga beberapa potensi unggulan, diantaranya adanya sumber air panas, air terjun, gua-gua alam dan tebing yang begitu indah. 


Keseluruhan zona pemanfaatan dari kawasan Tangkahan ini adalah ruang publik, yang berarti diperuntukkan bagi kegiatan pariwisata. Di balai besar Taman Nasional Gunung Leuser memberi fasilitasi yang  pengelolaanya, di lola bersama masyarakat sekitar Tangkahan. 


Pengelolaan pariwisata alam Tangkahan pertama kali di perkenalkan  pada bulan Februari 2004, dan ditandai dengan kunjungan Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan. 


PENANGKARAN GAJAH
Destinasi wisata yang paling favorit bagi para pengunjung di Tangkahan adalah penangkaran gajah atau pusat konservasi para gajah. Di sini  wisatawan bisa mendapat pengalaman yang takan terlupakan dan menakjubkan pasalnya kalian para pengunjung dapat ikut memandikan hewan berbelalai tersebut di sungai, dengan  memandikan gajah di sungai, kalian juga dapat  memberikan makanan. 


Selain dari itu, kalian juga para wisatawan dapat merasakan sensasi menunggangi gajah dengan mengelilingi hutan. Tempat wisata lainnya yang berada di Tangkahan ini adalah pemandian air panas, gua kalong, gua kambing, air terjun dan terdapat juga jalur tracking. Di sini pun terdapat  jembatan gantung yang sebagai ikonik yang cocok bagi kalian mengabadikannya. 

Comments

Infoindo

Surga yang terletak di muka bumi

Search

Comments

4-comments
Infoindo